PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YANG DIPROYEKSIKAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO TAHUN AJARAN 2022/2023

Widurata, I Kadek Prabu (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YANG DIPROYEKSIKAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031065-COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031065-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031065-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031065-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media yang diproyeksikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro dengan jumlah siswa 418 orang. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA SDN 11 Pemecutan dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB SDN 10 Pemecutan dengan jumlah siswa 29 orang sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan melalui metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung = 5,46 dan t-tabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 57. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t-hitung = 5,46 > t-tabel = 2,00, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan media yang diproyeksikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Problem Based Learning, media diproyeksikan, kompetensi pengetahuan IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Kadek Prabu Widurata
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:00
Last Modified: 17 Jul 2023 02:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16181

Actions (login required)

View Item View Item