Putri, Ida Ayu Mas Utami Putri (2023) PENGEMBANGAN E-COMIC BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 PEGUYANGAN KECAMATAN DENPASAR UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031345-COVER.pdf Download (353kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031345-ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031345-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031345-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031345-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031345-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031345-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031345-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031345-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun produk E-Comic berorientasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada muatan IPA untuk siswa kelas V sekolah dasar yang teruji kelayakan, kepraktisan, dan efektivitasnya terhadap karakter peduli lingkungan siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini diantaranya ahli materi/konten pembelajaran IPA, ahli media pembelajaran, praktisi/guru, serta siswa. Metode pengumpulan data adalah metode kuisioner berupa rating scale skala lima yang diberikan kepada subjek uji coba. Hasil skor kesepakatan rater dari ahli materi sebesar 0,95 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi, ahli media sebesar 0,92 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi, respons praktisi sebesar 97,33% dengan kualifikasi sangat baik, dan respons siswa sebesar 95,92% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas dengan uji N-Gain Score sebesar 77,03% dan teknik uji-t berkolerasi diperoleh signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa E-Comic berorientasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada muatan IPA dinyatakan layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Comic, Karakter Peduli Lingkungan, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Mas Utami Putri |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:23 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16191 |
Actions (login required)
View Item |