PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BULLETIN BOARD DISPLAY BERMUATAN TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Wiranata, I Gede Hendra (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BULLETIN BOARD DISPLAY BERMUATAN TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041052-COVER.pdf

Download (288kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041052-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041052-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041052-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041052-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa media bulletin board display bermuatan tri hita karana yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket atau kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 pakar/ahli materi, 2 pakar/ahli media, 1 guru dan 30 siswa. Instrumen pengumpulan data pada angket (kuisioner) meliputi angket penilaian media, materi, respon guru dan respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu validitas buku cerita sebesar 93% dengan kreteria sangat valid, kepraktisan guru sebesar 96% dengan kreteria sangat praktis, kepraktisan siswa sebesar 90,8% dengan kreteria sangat praktis, uji t-test satu sampel memperoleh hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 yang berarti media bulletin board display bermuatan tri hita karana ini efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada muatan IPA subtema Manusia dan Lingkungan kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bulletin Board Display, Tri Hita Karana, Minat Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Gede Hendra Wiranata
Date Deposited: 17 Jul 2023 09:20
Last Modified: 17 Jul 2023 09:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16202

Actions (login required)

View Item View Item