Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Materi Debit Muatan Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 6 Dauh Puri

Tiala Pati, Ocy Margaretha (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Materi Debit Muatan Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 6 Dauh Puri. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031111-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031111-ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
1911031111-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 Kajian Teori)
1911031111-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 Metodelogi Penelitian)
1911031111-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 Hasil dan Pembahasan)
1911031111-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 Penutup)
1911031111-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031111-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031111-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan video pembelajaran. Model yang digunakan pada pengembangan media pembelajaran ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan dua puluh delapan siswa kelas VA SD Negeri 6 Dauh Puri. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dan metode tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasilnya media video pembelajaran matematika yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil ahli materi 95,59%, ahli desain pembelajaran 90,90%, ahli media pembelajaran 90,38%, uji perorangan 90,91%, uji kelompok kecil 91,48%, uji lapangan 90,34% dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung sebesar 15,7610 untuk dk = 27 dan taraf signifikan 5% ttabel = 1,703 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ada perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika sesudah menggunakan video pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada materi debit kelas V SD Negeri 6 Dauh Puri. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran berbasis kontekstual materi debit muatan matematika efektif untuk diterapkan di kelas V SD Negeri 6 Dauh Puri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Kontekstual, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ocy Margaretha Tiala Pati
Date Deposited: 17 Jul 2023 05:05
Last Modified: 17 Jul 2023 05:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16208

Actions (login required)

View Item View Item