Tiala Pati, Ocy Margaretha (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Materi Debit Muatan Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 6 Dauh Puri. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031111-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031111-ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
1911031111-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 2 Kajian Teori)
1911031111-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 Metodelogi Penelitian)
1911031111-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 Hasil dan Pembahasan)
1911031111-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 Penutup)
1911031111-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031111-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031111-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan video pembelajaran. Model yang digunakan pada pengembangan media pembelajaran ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan dua puluh delapan siswa kelas VA SD Negeri 6 Dauh Puri. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dan metode tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasilnya media video pembelajaran matematika yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil ahli materi 95,59%, ahli desain pembelajaran 90,90%, ahli media pembelajaran 90,38%, uji perorangan 90,91%, uji kelompok kecil 91,48%, uji lapangan 90,34% dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung sebesar 15,7610 untuk dk = 27 dan taraf signifikan 5% ttabel = 1,703 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ada perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika sesudah menggunakan video pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada materi debit kelas V SD Negeri 6 Dauh Puri. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran berbasis kontekstual materi debit muatan matematika efektif untuk diterapkan di kelas V SD Negeri 6 Dauh Puri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Kontekstual, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ocy Margaretha Tiala Pati |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 05:05 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 05:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16208 |
Actions (login required)
View Item |