PENGEMBANGAN E-BOOK BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MUATAN IPA UNTUK SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BANYUNING TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Arfat, Selvia (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MUATAN IPA UNTUK SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BANYUNING TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021038-COVER.pdf

Download (335kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021038-ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021038-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1911021038-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1911021038-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021038-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1911021038-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021038-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan e-book berpendekatan saintifik pada muatan IPA untuk Kelas VI, (2) mengetahui validitas dari e-book berpendekatan saintifik, dan (3) mengetahui efektivitas dari e-book berpendekatan saintifik pada muatan IPA di Kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, pretest dan post-test. Teknik analis data menggunakan analisis kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini yaitu (1) E-book dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck, (2) Hasil validasi oleh ahli isi pembelajaran diperoleh 95% dengan kualifikasi sangat baik, hasil validasi oleh ahli desain pembelajaran diperoleh 94,64% dengan kualifikasi sangat baik, hasil validasi oleh ahli media pembelajaran diperoleh 95,31% dengan kualifikasi sangat baik, hasil review uji coba perorangan diperoleh 98,33% dengan kualifikasi sangat baik, hasil review uji coba kelompok kecil diperoleh 96,66% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Hasil uji efektivitas e-book berpendekatan saintifik terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar muatan IPA sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar e-book. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-book berpendekatan saintifik efektif digunakan disebabkan oleh desain penyajian materi berpendekatan saintifik, tampilan yang menarik, dan kepraktisan dalam belajar sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-book, saintifik, hannafin and peck
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Selvia Arfat
Date Deposited: 17 Jul 2023 23:39
Last Modified: 17 Jul 2023 23:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item