Arfat, Selvia (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MUATAN IPA UNTUK SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BANYUNING TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021038-COVER.pdf Download (335kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021038-ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021038-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1911021038-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1911021038-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021038-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1911021038-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021038-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan e-book berpendekatan saintifik pada muatan IPA untuk Kelas VI, (2) mengetahui validitas dari e-book berpendekatan saintifik, dan (3) mengetahui efektivitas dari e-book berpendekatan saintifik pada muatan IPA di Kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, pretest dan post-test. Teknik analis data menggunakan analisis kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini yaitu (1) E-book dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck, (2) Hasil validasi oleh ahli isi pembelajaran diperoleh 95% dengan kualifikasi sangat baik, hasil validasi oleh ahli desain pembelajaran diperoleh 94,64% dengan kualifikasi sangat baik, hasil validasi oleh ahli media pembelajaran diperoleh 95,31% dengan kualifikasi sangat baik, hasil review uji coba perorangan diperoleh 98,33% dengan kualifikasi sangat baik, hasil review uji coba kelompok kecil diperoleh 96,66% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Hasil uji efektivitas e-book berpendekatan saintifik terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar muatan IPA sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar e-book. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-book berpendekatan saintifik efektif digunakan disebabkan oleh desain penyajian materi berpendekatan saintifik, tampilan yang menarik, dan kepraktisan dalam belajar sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, e-book, saintifik, hannafin and peck |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Selvia Arfat |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 23:39 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 23:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16268 |
Actions (login required)
View Item |