HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA MENGENAI GAYA MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI BANYUWANGI KOTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Putri, Rizky Ananda Hidayat (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA MENGENAI GAYA MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI BANYUWANGI KOTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021032-COVER.pdf

Download (484kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021032-ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021032-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara: 1) persepsi siswa mengenai gaya mengajar guru dengan hasil belajar fisika siswa, 2) minat belajar dengan hasil belajar fisika siswa, dan 3) persepsi siswa mengenai gaya mengajar guru dan minat belajar dengan hasil belajar fisika siswa. Persepsi siswa mengenai gaya mengajar guru dan minat belajar adalah variabel prediktor, variabel kriteriumnya adalah hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain penelitian expost-facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 622 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Banyuwangi Kota. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, jumlah sampel sebanyak 238 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa kuesioner dan tes pilihan ganda yang sudah melalui tahapan uji validitas dan reliabilitas. Reliabilitas kuesioner persepsi siswa mengenai gaya mengajar guru dan minat belajar masing-masing sebesar 0,876 dan 0,838, sedangkan tes hasil belajar fisika sebesar 0,656. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari lima tahap yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier satu prediktor, uji regresi ganda dua prediktor, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai gaya mengajar guru dengan hasil belajar fisika (r=0,552; b=0,664; p<0,05). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar fisika (r=0,479; b=0,640; p<0,05). Kedua prediktor secara simultan juga menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar fisika (R=0,599; b_1=0494,b_2=0,420; p<0,05). Pada penelitian ini didapatkan juga nilai sumbangan efektif untuk variabel persepsi siswa mengenai gaya mengajar guru dan minat belajar secara berturut-turut adalah 19,31% dan 15,99%, sedangkan secara simultan kedua prediktor memberikan nilai sumbangan efektif sebesar 35,30%. Dari hasil penelitian tersebut disarankan agar guru dapat menggunakan gaya mengajar yang bervariasi agar menumbuhkan minat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gaya mengajar guru, minat belajar, hasil belajar fisika siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Rizky Ananda Hidayat Putri
Date Deposited: 18 Jul 2023 16:06
Last Modified: 18 Jul 2023 16:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16289

Actions (login required)

View Item View Item