Dewi, Ni Putu Riska Pradnya (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI TULANGAMPIANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031165-COVER.pdf Download (612kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031165-ABSTRAK.pdf Download (625kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031165-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (262kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031165-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031165-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031165-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031165-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031165-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031165-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh model Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Tulangampiang Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Tulangampiang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 97 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang siswa yaitu 32 siswa kelas IV A SD Negeri Tulangampiang yang menjadi kelompok eksperimen dan 32 orang siswa kelas IV B SD Negeri Tulangampiang yang menjadi kelompok kontrol Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik claster. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, jenis objektif pilihan ganda biasa. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelompok eksperimen X ̅ = 88,125 > kelompok kontrol X ̅ = 83,333. Data post test kompetensi pengetahuan IPAS dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians Data yang diperoleh thitung = 2,478, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1+n2–2 = 62 maka diperoleh nilai ttabel = 2,000. Karena thitung = 2,478 > ttabel = 2,000 maka Ho ditolak yang berarti terdapat berbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada uji N Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan uji N Gain pada kelas kontrol. Nilai Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,7 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mencapai 0,6 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Tulangampiang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci : Project Based Learning, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Riska Pradnya Dewi |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:38 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16299 |
Actions (login required)
View Item |