ANALISIS PEMBELAJARAN MEDIA YOUTUBE PADA KANAL MAU TAU BANGET DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Thessalonica, Vero (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN MEDIA YOUTUBE PADA KANAL MAU TAU BANGET DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011001-COVERR.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011001-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011001-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011001-DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian in bertujuan mendeskripsikan (1) langkah-langkah penggunaan media YouTube pada kanal Mau Tau Banget dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII F (2) kendala-kendala yang dialami guru dan siswa saat menggunakan media YouTube pada kanal Mau Tau Banget dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII F (3) hasil belajar menulis teks eksposisi setelah menggunakan media YouTube pada kanal Mau Tau Banget dalam pembelajaran menulis teks eksposisi kelas VIII F SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VIII F, Bapak Komang Gurianta, S.Pd. Objek dalam penelitian adalah langkah-langkah penggunaan media YouTube pada kanal Mau Tau Banget, kendala-kendala yang dialami guru dan siswa saat menggunakan media YouTube pada kanal Mau Tau Banget dan hasil belajar menulis teks eksposisi setelah menggunakan media YouTube pada kanal Mau Tau Banget. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) langkah-langkah penggunaan media YouTube pada kanal Mau Tau Banget dalam pembelajaran menulis teks eksposisi terdapat tiga kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan pembuka, inti, dan penutup pada pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi (2) kendala-kendala yang di temukan oleh guru menunjukkan beberapa kendala yang dihadapi guru Bahasa Indonesia dari segi siswa dalam penggunaan media YouTube pada kanal Mau Tau Banget dalam pembelajaran menulis teks eksposisi yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menyimak dan membuat teks eksposisi, fokus siswa terhadap pembelajaran teks eksposisi masih kurang, penggunaan waktu yang masih kurang efektif. (3) hasil belajar siswa menggunakan media YouTube pada kanal Mau Tau Banget dalam pembelajaran teks eksposisi memberikan gambaran sejauh mana kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan media YouTube pada kanal Mau Tau Banget yaitu dilihat dari hasil kerja siswa yang diperiksa oleh guru diurut sesuai dengan kemampuan siswa dari pemerolehan nilai terbesar sampai nilai terkecil. Saran penelitian ini ialah, guru Bahasa Indonesia agar mempertahankan keefektifan penggunaan media media YouTube dalam pembelajaran. Kata Kunci : Media, YouTube pada kanal Mau Tau Banget, pembelajaran, teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media, YouTube pada kanal Mau Tau Banget, pembelajaran, teks eksposisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Vero Thessalonica
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:23
Last Modified: 21 Jul 2023 04:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16393

Actions (login required)

View Item View Item