Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Anak Kelompok B Di Tk Negeri Kampung Baru Singaraja

Heriani, Kadek (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Anak Kelompok B Di Tk Negeri Kampung Baru Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061057-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061057-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061057-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061057-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Studi ini bertujuan untuk mengembangkan alat pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang telah memenuhi validitas dan reliabilitas anak-anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri Kampung Baru Singaraja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementasi), dan evaluasi (Evaluasi). Dalam penelitian ini, hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Validasi alat pembelajaran dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli materi PAUD, ahli desain pembelajaran, dan ahli evaluasi pendidikan, menggunakan survei kuesioner, di mana validitas materi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diuji. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah alat pembelajaran untuk meningkatkan kerjasama yang baik pada anak usia dini, yang telah divalidasi melalui uji ahli dengan nilai CVR dan CVI sebesar 1.00. Berdasarkan model pembelajaran kooperatif, Tims Games Tournament (TGT) adalah alat pembelajaran yang meningkatkan kerjasama yang baik pada anak usia dini. Guru PAUD dapat menggunakan alat pembelajaran ini untuk mendorong kerjasama yang baik dalam proses pembelajaran. Alat pengajaran telah diuji validitasnya dan memiliki reliabilitas tinggi, sehingga alat pengajaran ini cocok dan sesuai digunakan. Kata kunci: perangkat, pembelajaran kooperatif, teams games tournament

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perangkat, pembelajaran kooperatif, teams games tournament
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Kadek Heriani
Date Deposited: 23 Jul 2023 23:49
Last Modified: 23 Jul 2023 23:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16434

Actions (login required)

View Item View Item