Widiastini, Ni Kadek (2023) PENERAPAN MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129011003-COVER.pdf Download (340kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129011003-ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129011003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129011003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan penerapan merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Sukasada dan (b) mendeskripsikan kendala–kendala yang dialami dalam penerapan merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Sukasada. Data berupa hasil observasi penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan wawancara terhadap guru bahasa Indonesia yang dikumpulkan dengan metode observasi dan metode wawancara. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa (a) guru bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Sukasada telah melaksanakan pembelajaran berbasis proyek, materi esensial, dan pembelajaran berdiferensiasi serta (b) terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek, yakni (1) kurangnya alokasi waktu, (2) peserta didik enggan mengeksplorasi, dan (3) hanya sebagian peserta didik yang bekerja; kendala dalam materi esensial, yakni (1) tidak adanya pertanyaan mendasar terkait materi, (2) sukarnya pemberian fakta kepada peserta didik, (3) terkadang materi yang diberikan tidak berkaitan dengan materi sebelumnya, (4) penyampaian materi masih dengan metode yang sama, dan (5) peserta didik belum siap mengikuti pembelajaran; kendala dalam pembelajaran berdiferensiasi, yakni (1) kesulitan dalam pemetaan kebutuhan peserta didik, (2) kesulitan dalam mengakses dan menggunakan media digital, dan (3) belum mampu menciptakan modul ajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Merdeka Belajar, Proyek, Esensial, Berdiferensiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Ni Kadek Widiastini |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 02:54 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 02:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16569 |
Actions (login required)
View Item |