PENERAPAN MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 SUKASADA

Widiastini, Ni Kadek (2023) PENERAPAN MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129011003-COVER.pdf

Download (340kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129011003-ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129011003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan penerapan merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Sukasada dan (b) mendeskripsikan kendala–kendala yang dialami dalam penerapan merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Sukasada. Data berupa hasil observasi penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan wawancara terhadap guru bahasa Indonesia yang dikumpulkan dengan metode observasi dan metode wawancara. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa (a) guru bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Sukasada telah melaksanakan pembelajaran berbasis proyek, materi esensial, dan pembelajaran berdiferensiasi serta (b) terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek, yakni (1) kurangnya alokasi waktu, (2) peserta didik enggan mengeksplorasi, dan (3) hanya sebagian peserta didik yang bekerja; kendala dalam materi esensial, yakni (1) tidak adanya pertanyaan mendasar terkait materi, (2) sukarnya pemberian fakta kepada peserta didik, (3) terkadang materi yang diberikan tidak berkaitan dengan materi sebelumnya, (4) penyampaian materi masih dengan metode yang sama, dan (5) peserta didik belum siap mengikuti pembelajaran; kendala dalam pembelajaran berdiferensiasi, yakni (1) kesulitan dalam pemetaan kebutuhan peserta didik, (2) kesulitan dalam mengakses dan menggunakan media digital, dan (3) belum mampu menciptakan modul ajar yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Merdeka Belajar, Proyek, Esensial, Berdiferensiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: Ni Kadek Widiastini
Date Deposited: 22 Jul 2023 02:54
Last Modified: 22 Jul 2023 02:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16569

Actions (login required)

View Item View Item