Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping pada Topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII

Tindaon, Juli Yanthi (2023) Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping pada Topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813071025-COVER.pdf

Download (743kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071025-ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071025-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menganalisis validitas, kepraktisan dan keterbacaan Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping pada Topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan dessiminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Subjek dalam penelitian ini meliputi 2 orang dosen ahli Pendidikan IPA, 3 orang guru IPA dan 10 orang siswa SMP kelas VII di SMP Sw Bunda Mulia Silimakuta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket terdiri atas angket validitas ahli, angket kepraktisan guru dan angket keterbacaan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil uji validitas diolah dengan menggunakan rumus Gregory, sedangkan hasil uji kepraktisan dan keterbacaan diolah dengan menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji validitas oleh ahli menunjukkan kualifikasi validitas sangat tinggi dengan skor 1; (2) hasil uji kepraktisan oleh guru menunjukkan kualifikasi sangat praktis dengan skor 4,57; (3) hasil uji keterbacaan oleh siswa menunjukkan kualifikasi sangat terbaca dengan skor 4,52. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan dan keterbacaan maka Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping pada Topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII dinyatakan valid, praktis, terbaca dan dapat diteruskan pada uji efektivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul IPA, Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Juli Yanthi Tindaon
Date Deposited: 23 Jul 2023 03:14
Last Modified: 23 Jul 2023 03:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item View Item