Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas VIII SMP/MTs

N S, HIDAYANTI AZIZUL ROFIAH (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071002-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071002-ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071002-LAMPIRAN.pdf

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang dibelajarkan dengan model Direct Instruction (DI). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitian pretest – posttest non equivalent control group design. Sampel penelitian diperoleh dari populasi dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 siswa yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas VIII A sebanyak 21 siswa dan VIII B sebanyak 22 siswa MTs Terpadu Mardlatillah. Data kemampuan HOTS siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas untuk data N-Gain score dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 0,084 dan 0,254. Dengan demikian, nilai signifikansi untuk kedua kelompok lebih dari 0,05 dan sebaran data dinyatakan terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas varians untuk data N-Gain score kedua kelompok diperoleh sebesar 0,063. Dengan demikian, nilai signifikansi kedua kelompok lebih dari 0,05 dan data dinyatakan memiliki varians data yang homogen. Selanjutnya, uji-t diperoleh sebesar 0,000. Hal ini menujukkan bahwa signifikansi (2-tailed) untuk data N-Gain score lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan HOTS antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model DI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model PBL, Model DI, HOTS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Hidayanti Azizul Rofiah N S
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:45
Last Modified: 24 Jul 2023 00:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16592

Actions (login required)

View Item View Item