PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BAHASA INGGRIS MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)

Nilawati, Ni Kadek (2023) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BAHASA INGGRIS MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031324-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031324-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031324-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031324-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031324-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031324-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031324-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031324-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031324-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul praktikum pada mata kuliah Bahasa Inggris. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE, adapun beberapa tahapan pada model ini yaitu : (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 ahli untuk mengetahui validitas modul yang dikembangkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuisioner dan tes. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan rumus rata-rata untuk mengetahui validitas dan kepraktisan produk. Metode tes dilakukan untuk menguji efektivitas produk. Uji coba produk dilaksanakan uji coba kelompok kecil pada kelompok eksperimen menggunakan desain One Group Pre-test-Postest Design. Kelompok eksperimen diberikan pre-test (tanpa produk) dan dilanjutkan dengan penggunaan produk kemudian diberikan post-test sebagai uji keefektivitan produk. Variabel bebas pada penelitian ini adalah modul ajar dan variable terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan (1) modul praktikum Bahasa Inggris memperoleh indeks validitas ahli materi I dan II rata-rata skor sebesar 95,5%, ahli media I dan II rata-rata skor sebesar 87%, dan ahli desain I dan II rata-rata skor sebesar 87% termasuk ke dalam validitas sangat baik. (2) Hasil penilaian ahli praktis memperoleh hasil sebesar 87%. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test/Uji-t Sampel tidak Bekorelasi. Berdasarkan hasil analisis Independent Sample T-Test/Uji-t Sampel tidak Bekorelasi diperoleh nilai signifikansi (sig. 2- tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilihat bahwa nilai Sig. < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima Hasil uji efektivitas produk dinyatakan sangat baik menurut hasil uji coba produk terhapadap mahasiswa melalui hasil belajar pre test nilai rata-rata memperoleh hasil sebesar 52,79 dan hasil belajar post-test nilai rata-rata memperoleh hasil sebesar 82,14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan bersifat valid ditinjau dari hasil penilaian ahli, praktis ditinjau dari hasil penilaian praktisi dan efektif ditinjau dari hasil uji coba produk terhadap mahasiswa. Modul ajar yang valid, praktis dan efektif diharapkan mampu mengatasi nilai hasil belajar mahasiswa. Melalui Pengembangan modul praktikum Bahasa Inggris diharapkan mampu membantu permasalahan mahasiswa saat mengikuti perkuliahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, bahasa inggris.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Nilawati
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:28
Last Modified: 24 Jul 2023 00:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16647

Actions (login required)

View Item View Item