PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS TRI HITA KARANA TOPIK PEMBELAJARAN SUMBER ENERGI PADA MUATAN IPA KELAS IV SD N 8 SERAYA TAHUN PELAJARAN 2023

Pranata, I Made Wahyu Gunawan Adi (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS TRI HITA KARANA TOPIK PEMBELAJARAN SUMBER ENERGI PADA MUATAN IPA KELAS IV SD N 8 SERAYA TAHUN PELAJARAN 2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031222-COVER.pdf

Download (168kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031222-ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031222-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031222-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031222-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031222-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031222-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031222-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031222-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan proses rancang bangun video animasi, (2) menguji validitas video animasi, dan (3) menguji kepraktisan media video animasi berbasis tri hita karana topik pembelajaran sumber energi pada muatan IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan (1) analyze (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah respon siswa atau uji kepraktisan ke siswa kelas IV SD, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas video animasi berbasis Tri Hita Karana topik pembelajaran sumber energi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuesioner atau angket, sedangkan untuk mengukur validitas menggunakan instrument rating scale. Untuk mengukur validitas video diuji oleh 4 dosen ahli dan 2 guru ahli atau praktisi. Data uji validitas video animasi berbasis Tri Hita Karana topik pembelajaran sumber energi yang sudah teruji validitasnya dengan skor rata-rata 4,69 untuk ahli media, 4,68 untuk ahli materi, 4,69 untuk ahli praktisi dan hasil uji siswa atau respon siswa rata-rata 5. Jadi dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis tri hita karana topik pembelajaran sumber energi memiliki kualitas sangat baik dan layak digunakan pada muatan IPA kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Animasi Berbasis Tri Hita Karana, Topik Pembelajaran Sumber Energi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Wahyu Gunawan Adi Pranata
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:10
Last Modified: 25 Jul 2023 00:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16734

Actions (login required)

View Item View Item