Sinuraya, Deri Fenina Br (2023) ANALISIS PERAN GURU IPA DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 2 MUNTE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071031-COVER.pdf Download (831kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071031-ABSTRAK.pdf Download (554kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (614kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (520kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071031-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Learning loss merupakan fenomena yang menyebabkan siswa kehilangan pengetahuan dan keterampilan secara umum dan akademis, disebabkan kesenjangan yang berkepanjangan atau tidak adanya interaksi antara pendidik dan siswadalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan peranan guru IPA (2) menganalisis kendala yang dihadapi guru IPA dalam mengatasi learning loss pada pembelajaran IPA dan (3) mendeskripsikan upaya guru IPA dalam mengatasi learning loss pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi dalam penelitian ini di SMP Negeri 2 Munte, Desa Sarinembah, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA dan siswa kelas VIII yang berjumlah 2 kelasndi SMP Negeri 2 Munte. Metode pengumpulan data menggunakan (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Metode dan teknis analisis data yaitu dengan (1) data reduction, (2) data display, (3) conclusion. Keabsahan data mengguankan (1) Triangulasi metode(2) Triangulasi Metode dan dilakukan member check . Hasil penelitian adalah (1) peran guru IPA dalam mengatasi learning loss di SMP Negeri 2 Munte sudah dilakukan dengan baik, guru bertindak sebagai fasilitaor, pengarah/director, dan mediator atau perantara, serta juga sebagai evaluator atau mengevaluasi. (2) kendala yang dihadapi guru IPA dalam mengatasi learning loss pada pembelajaran IPA yaitu (a) keterbatasan waktu belajar, (b) keterbatasan berkomunikasi dengan siswa, (c) kurangnya minat dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala learning loss yaitu (a) guru mata pelajaran IPA melibatkan guru Bimbingan Konsling (BK) dalam membangun relasi terhadap orang tua siswa sehingga orang tua mampu membimbing anak dalam memanfaatkan waktu belajar dirumah, (b) dari segi komunikasi adalah dengan cara membuat group kelas yang didalamnya terdapat siswa, guru mata pelajaran IPA, dan juga orang tua siswa, (c) membuat perangkat pembelajaran yang menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning loss , Peran Guru IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Deri Fenina Br Sinuraya |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 09:14 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 09:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16777 |
Actions (login required)
View Item |