Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Semester Genap di SD Negeri 1 Denbatas Tahun Pelajaran 2021/2022

Maharani, Kadek Dwik Prasetya (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Semester Genap di SD Negeri 1 Denbatas Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021028-COVER.pdf

Download (403kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021028-ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021028-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun, mendeskripsikan hasil validitas, dan efektivitas E-Modul Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Semester Genap di SD Negeri 1 Denbatas Tahun Pelajaran 2021/2022. Menurut para ahli adapun subjek penelitian yaitu, masing-masing satu orang ahli isi materi, desain, dan media pembelajaran. Tiga orang siswa sebagai uji perorangan, dan enam orang siswa sebagai kelompok kecil. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif, kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil penelitian yaitu (1) rancang bangun e-modul menggunakan model ADDIE meliputi lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi; (2) validitas e-modul memperoleh hasil uji ahli isi materi pembelajaran sebesar 96,36%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 84%, uji ahli media pembelajaran sebesar 83,07%, uji coba perorangan sebesar 93,33%, uji coba kelompok kecil sebesar 88,05, uji coba lapangan sebesar 88,94%, disimpulkan hasil uji validitas uji coba ke siswa berkualifikasi baik. (3) efektivitas e-modul berdasarkan perhitungan uji-t terlihat bahwa thitung adalah 17,525, dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2,004, sehingga menunjukkan bahwa thitung > dari ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa sebelum dengan sesudah menggunakan E-Modul IPA berbasis kontekstual, maka dapat disimpulkan bahwa media E-Modul efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD Negeri 1 Denbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-modul, kontekstual, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Kadek Dwik Prasetya Maharani
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:14
Last Modified: 25 Jul 2023 00:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16814

Actions (login required)

View Item View Item