PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI SAD KERTIH LOKA BALI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS PATIMURA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rinesti, Niluh (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI SAD KERTIH LOKA BALI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS PATIMURA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041025-COVER.pdf

Download (408kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041025-ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041025-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rinesti, Niluh (2023), “Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Sad Kertih Loka Bali terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Patimura Tahun Pelajaran 2022/2023”. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Kata-kata kunci: model problem based learning berorientasi sad kertih loka Bali, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran dengan model problem based learning berorientasi sad kertih loka Bali terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Patimura tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus Patimura Denpasar Selatan, yang terdiri dari 309 orang siswa. Sebanyak 96 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan metode tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis MANOVA berbantuan program IBM SPSS Statistic 25.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem based learning berorientasi sad kerti loka Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Patimura. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem based learning berorientasi sad kerti loka Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Patimura. Ketiga, Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem based learning berorientasi sad kerti loka Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Patimura.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model problem based learning berorientasi sad kertih loka Bali, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: NILUH RINESTI
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:48
Last Modified: 25 Jul 2023 05:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16881

Actions (login required)

View Item View Item