Rinesti, Niluh (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI SAD KERTIH LOKA BALI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS PATIMURA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041025-COVER.pdf Download (408kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041025-ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041025-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rinesti, Niluh (2023), “Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Sad Kertih Loka Bali terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Patimura Tahun Pelajaran 2022/2023”. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Kata-kata kunci: model problem based learning berorientasi sad kertih loka Bali, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran dengan model problem based learning berorientasi sad kertih loka Bali terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Patimura tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus Patimura Denpasar Selatan, yang terdiri dari 309 orang siswa. Sebanyak 96 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan metode tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis MANOVA berbantuan program IBM SPSS Statistic 25.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem based learning berorientasi sad kerti loka Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Patimura. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem based learning berorientasi sad kerti loka Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Patimura. Ketiga, Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem based learning berorientasi sad kerti loka Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Patimura.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model problem based learning berorientasi sad kertih loka Bali, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | NILUH RINESTI |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 05:48 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 05:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16881 |
Actions (login required)
View Item |