Pengembangan Video Pembelajaran Loncat Harimau pada Pembelajaran Senam Lantai untuk Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 1 Tulamben

Putra, I Made Parwana Adi (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Loncat Harimau pada Pembelajaran Senam Lantai untuk Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 1 Tulamben. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011034-COVER.pdf

Download (534kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011034-ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011034-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video pembelajaran pada materi loncat harimau pada pembelajaran senam lantai untuk peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Tulamben. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analis (analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (evaluation). Produk pengembangan divalidasi oleh ahli isi materi pembelajaran, ahli desain dan media pembelajaran dan ahli praktisi lapangan. Subjek uji coba produk dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri 4 Tulamben. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner penilaian dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil persentase uji ahli isi materi pembelajaran dengan jumlah persentase sebesar 92,3% berkualifikasi sangat baik, uji ahli desain dan media pembelajaran dengan jumlah persentase sebesar 91% berkualifikasi sangat baik, uji ahli praktisi lapangan dengan jumlah persentase sebesar 94,7% berkualifikasi sangat baik, uji perorangan dengan jumlah persentase sebesar 93,3% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan jumlah persentase sebesar 96,7% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba lapangan dengan jumlah persentase sebesar 94,8% berkualifikasi sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis video pembelajaran loncat harimau pada pembelajaran senam lantai sangat layak digunakan untuk peserta didik kelas VI sebagai media pembelajaran. Sehingga dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video peserta didik lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran PJOK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, loncat harimau, senam lantai, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Made Parwana Adi Putra
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:07
Last Modified: 26 Jul 2023 01:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16915

Actions (login required)

View Item View Item