Putra, I Made Parwana Adi (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Loncat Harimau pada Pembelajaran Senam Lantai untuk Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 1 Tulamben. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1816011034-COVER.pdf Download (534kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011034-ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (279kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011034-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video pembelajaran pada materi loncat harimau pada pembelajaran senam lantai untuk peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Tulamben. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analis (analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (evaluation). Produk pengembangan divalidasi oleh ahli isi materi pembelajaran, ahli desain dan media pembelajaran dan ahli praktisi lapangan. Subjek uji coba produk dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri 4 Tulamben. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner penilaian dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil persentase uji ahli isi materi pembelajaran dengan jumlah persentase sebesar 92,3% berkualifikasi sangat baik, uji ahli desain dan media pembelajaran dengan jumlah persentase sebesar 91% berkualifikasi sangat baik, uji ahli praktisi lapangan dengan jumlah persentase sebesar 94,7% berkualifikasi sangat baik, uji perorangan dengan jumlah persentase sebesar 93,3% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan jumlah persentase sebesar 96,7% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba lapangan dengan jumlah persentase sebesar 94,8% berkualifikasi sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis video pembelajaran loncat harimau pada pembelajaran senam lantai sangat layak digunakan untuk peserta didik kelas VI sebagai media pembelajaran. Sehingga dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video peserta didik lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran PJOK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, loncat harimau, senam lantai, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Made Parwana Adi Putra |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:07 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16915 |
Actions (login required)
View Item |