Azizah, Rofikatul (2023) Penggunaan Metode Pemberian Tugas Rumah dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Klakah, Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011043-COVER.pdf Download (532kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011043-ABSTRAK.pdf Download (439kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1712011043-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1712011043- BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1712011043-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011043-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1712011043BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011043-LAMPIRAN.pdf Download (895kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pemberian tugas rumah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis puisi kelas VIII A di SMP Negeri 1 Klakah, hasil belajar siswa kelas VIII A pada materi puisi dengan metode pemberian tugas rumah, kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan metode pemberian tugas rumah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis puisi kelas VIII A SMP Negeri 1 Klakah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII A. Objek dalam penelitian adalah penggunaan metode pemberian tugas dalam meningkatkan hasil belajar pada materi menulis puisi di kelas VIII A SMP Negeri 1 Klakah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket serta dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan metode pemberian tugas dalam materi menulis puisi telah mengikuti prosedur Kurikulum Merdeka, (2) hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa menggunakan metode pemberian tugas rumah mengalami peningkatan yang signifikan atau lebih tinggi dengan skor rata-rata 85,5 dibanding sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas rumah nilai skor rata-rata hanya 56. Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A diketahui dari skor rata-rata yang mengalami peningkatan 29,5, (3) Kendala pada siswa diketahui oleh peneliti pada respon siswa terhadap instrumen terkait beberapa kendala yang peneliti buat. Pertanyaan pertama “Rentang waktu yang diberikan guru terlalu singkat” yang mengalami kendala sebanyak 38,9%. Pada pertanyaan kedua “Kurang konsentrasi” yang mengalami kendala sebesar 55,6%. Pernyataan ketiga “Banyaknya gangguan di rumah” yang mengalami kendala sebesar 27,8%. Pernyataan keempat “Keterbatasan pengetahuan pada materi menulis puisi” yang mengalami kendala sebanyak 16,7%. Pada pernyataan kelima “Sulit membagi waktu antara belajar dan bermain” yang mengalami kendala sebesar 33,3%. Selain itu berdasarkan hasil wawancara, kendala juga dialami oleh guru dengan uraian sebagai berikut: guru sulit mengonrol siswa, sulit menilai dan sulit menyesuaikan penugasan dengan materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa, metode pemberian tugas rumah, materi menulis puisi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | ROFIKATUL AZIZAH |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 12:24 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 12:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16979 |
Actions (login required)
View Item |