KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2022/2023

Budiani, Luh Gede Fitria (2023) KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1812061011-COVER.pdf

Download (674kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812061011-ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061011-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812061011-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812061011-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Singaraja ditinjau dari faktor internal dan eksternal. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa kelas XI Bahasa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa kelas XI Bahasa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas XI Bahasa ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal dari aspek motivasi dengan nilai persentase 61%, pada aspek minat dengan nilai persentase 56%, dan pada aspek sikap dengan nilai persentase 57% yang artinya ketiga aspek tersebut ada pada kriteria kurang baik. Faktor eksternal kesulitan belajar siswa kelas XI Bahasa ditinjau dari lingkungan sekolah dengan nilai persentase 59% ada pada kriteria kurang baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang kelas XI Bahasa ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran, Faktor Internal dan Faktor Eksternal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Luh Gede Fitria Budiani
Date Deposited: 25 Jul 2023 09:24
Last Modified: 25 Jul 2023 09:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16982

Actions (login required)

View Item View Item