Mahendra, Dewa Ngakan Putu (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA BESAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TEGALLALANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1716011022-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1716011022-ABSTRAK.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1716011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1716011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1716011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1716011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1716011022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1716011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1716011022-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bola besar (sepak bola dan bola voli) pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tegallalang, melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEAM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu dengan alur (1) Rencana tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi/evaluasi, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada pada kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian ini terdiri atas pilihan ganda untuk aspek pengetahuan dan tes unjuk kerja untuk aspek keterampilan. Hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil Siklus I permainan sepak bola secara klasikal 88,8% pada aspek pengetahuan, dan 86,1% pada aspek keterampilan. Pada siklus II diperoleh hasil belajar permainan bola voli secara klasikal 91,6% pada aspek pengetahuan, dan 83,3% pada aspek ketrampilan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sudah sesuai dengan harapan dimana telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, maka oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan yaitu hasil belajar peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Tegallalang pada materi permainan sepak bola dan bola voli meningkat setelah menggunakan model pembelajaran PBL berbasis STEAM dalam kategori sangat baik dan hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEAM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XI SMA Negeri 1 Tegallalang. Kata Kunci: Problem Based Learning, STEAM, Hasil Belajar, PJOK, Bola Besar, Sepak Bola, Bola Voli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, STEAM, Hasil Belajar, PJOK, Bola Besar, Sepak Bola, Bola Voli |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Dewa Ngakan Putu Mahendra |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 18:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 18:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17076 |
Actions (login required)
View Item |