Herliani, Ni Putu Yulia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2023071015-COVER)
2023071015-Cover.pdf Download (483kB) |
|
Text (2023071015-ABSTRAK)
2023071015-Abstrak.pdf Download (28kB) |
|
Text (2023071015-BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071015-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (186kB) |
|
Text (2023071015-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071015-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (2023071015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071015-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (2023071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071015-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (2023071015-BAB 5 PENUTUP)
2023071015-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) | Request a copy |
|
Text (2023071015-DAFTAR PUSTAKA)
2023071015-Daftar Pustaka.pdf Download (273kB) |
|
Text (2023071015-LAMPIRAN)
2023071015-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mejelaskan pengaruh model PBL berbantuan media Audiovisual terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang di fokuskan pada perbedaan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran konvensional, perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model PBL berbantuan media audiovisual lebih tinggi dibandingan dengan motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaan konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Denpasar. Pengampulan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Data dalam penelitian ini berupa data motivasi dan hasil belajar siswa yang dianalisis dengan analisis varians satu jalur dan analisis kovarian satu jalur dengan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada kelompok kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional namun perbedaan rata-rata hasil belajar dan motivasi siswa masih lebih rendah dari kelompok eksperimen yang merapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penerapan model belajar Problem Based Learning berbantuan media audiovisual dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan signifikansi uji beda dibawah 0,05. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penerapan media audio visual dalam proses belajar berbasis masalah (Problem Based Learning).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, Audiovisual, Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Yulia Herliani |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:53 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17189 |
Actions (login required)
View Item |