PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA 6 KELAS VI DI SD NEGERI 18 SESETAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

AYU DIAH LESTARI, NI PUTU (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA 6 KELAS VI DI SD NEGERI 18 SESETAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511021010-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511021010-ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1511021010-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1511021010-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1511021010-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021010-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1511021010-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511021010-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses rancang bangun E-Modul Tema 6 berbasis pendekatan saintifik dan (2) mengetahui hasil validitas E-Modul Tema 6 berbasis pendekatan saintifikmenurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjekpenelitianyaitu 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 9 siswa untuk uji kelompok kecil.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen dan metode kuesioner/angket.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Hannafin and Peck. Hasil penelitian (1) Rancang bangun E-Modul Tema 6berbasis pendekatan saintifik dengan model Hannafin and Peckmelibatkan tiga fase utama: (a) menilai kebutuhan (needs assessment), (b) mendesain/merancang (design), (c) mengembangkan dan mengimplementasikan (development/implementation), di masing-masing fase melibatkan kegiatan evaluasi dan revisi. (2) E-Modul Tema 6 berbasis pendekatan saintifik valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan E-Modul Tema 6 berbasis pendekatan saintifik berpredikat sangat baik (93%), (b) hasil review ahli media menunjukkan E-Modul Tema 6 berbasis pendekatan saintifik berpredikat sangat baik (90%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan E-Modul Tema 6 berbasis pendekatan saintifik berpredikat baik (77%), (d) hasil uji perorangan menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (91%), hasil uji kelompok kecil menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (92,6%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul. Pendekatan Saintifik. Hannafind and Peck
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Ni Putu Ayu Diah Lestari
Date Deposited: 27 Jul 2023 12:33
Last Modified: 27 Jul 2023 12:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17194

Actions (login required)

View Item View Item