Dewi, Kadek Ayu Meisa (2023) PENGARUH REGULASI DIRI, RESILIENSI, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029021002-COVER.pdf Download (403kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029021002-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029021002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029021002-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh regulasi diri, resiliensi, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kuta berjumlah 944 peserta didik. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) regulasi diri berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan koefisien jalur sebesar 58,1%. (2) resiliensi berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan koefisien jalur sebesar 32,8%, (3) regulasi diri berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefisien jalur sebesar 47,0%, (4) resiliensi berpengaruh langsung dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefisien jalur sebesar 19,2%, (5) motivasi belajar berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefisien jalur sebesar 14,4%, (6) regulasi diri berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui motivasi belajar, dengan koefisien jalur sebesar 8%, (7) resiliensi berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui motivasi belajar, dengan koefisien jalur sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian, ketiga faktor tersebut dapat dijadikan faktor prediktor tingkat prestasi belajar matematika. Sehingga, nantinya penelitian ini dapat berkontribusi bagi pendidikan khususnya pada pembelajaran matematika, yakni pentingnya upaya meningkatkan prestasi belajar matematika melalui peningkatan kontrol tindakan yang tepat sehingga berdampak pada pencapaian prestasi belajar matematika yang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | regulasi diri, resiliensi, motivasi belajar, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Kadek Ayu Meisa Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:05 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17242 |
Actions (login required)
View Item |