Pujayanti, Sang Ayu Nyoman (2023) PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN BLOG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS RESENSI SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 2 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011010-COVER.pdf Download (983kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011010-ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1912011010-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011010-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
Abstract
Guru telah menerapkan model pembelajaran problem based learning, tetapi belum memanfaatkan teknologi informasi (internet) dalam pembelajaran. Akibatnya, pembelajaran menulis teks resensi belum optimal jika ditinjau dari hasil tes praktik menulis teks resensi. Oleh karena itu, penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog dapat menjadi solusi dalam pembelajaran menulis teks resensi yang belum optimal. Tujuan penelitian tindakan kelas ini ada tiga yaitu: mendeskripsikan (1) pelaksanaan penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog, (2) kemampuan siswa menulis teks resensi, dan (3) respons siswa terhadap penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog dalam pembelajaran menulis teks resensi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Semarapura semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Objek penelitian ini mencakup tiga hal yaitu: (1) penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog, (2) kemampuan siswa menulis teks resensi, dan (3) respons siswa terhadap penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog. Rancangan penelitiannya yaitu: refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode portofolio, metode penugasan, dan metode kuesioner. Analisis data dengan metode deskriptif kualitatif, teknik analisis kuantitatif, dan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ada tiga. (1) Penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog dapat dilakukan dalam tiga kegiatan yaitu: kegiatan Prakelas, kegiatan Di Kelas (pendahuluan, inti, dan penutup), dan kegiatan Di Luar Kelas agar dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks resensi. (2) Kemampuan siswa menulis teks resensi mengalami peningkatan setelah diterapkan model Flipped Classroom berbantuan Blog. (3) Respon siswa tergolong “sangat baik” terhadap penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog dalam pembelajaran menulis teks resensi. Untuk itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran menulis teks resensi oleh guru saat melaksanakan pembelajaran dan calon guru saat praktik melaksanakan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | blog, model flipped classroom, menulis, teks resensi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Sang Ayu Nyoman Pujayanti |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 06:50 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 06:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17416 |
Actions (login required)
View Item |