Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Bahaya Pergaulan Bebas Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta didik Kelas VIII SMP N 5 Abang, Karangasem

Dewi, Ni Luh Ayu Marlina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Bahaya Pergaulan Bebas Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta didik Kelas VIII SMP N 5 Abang, Karangasem. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129121007- COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129121007- ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129121007- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129121007- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129121007- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129121007- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129121007- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129121007- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129121007- LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK materi bahaya pergaulan bebas melalui model pembelajaran Flipped Classroom dan model pembelajaran STAD. Penelitian eksperimen dengan desain penelitian esksperimen semu dan pola dasar rancangan factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 5 Abang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling sebanyak 76 siswa. Metode pengumpulan data hasil belajar dengan kuesioner dalam motivasi belajar dan test tertulis materi bahaya pergaulan bebas. Analisis data dengan pre-test post-test control group design (gain score). Uji prasyarat analisis melalui uji normalitas dan homogen. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Flipped Classroom memiliki nilai pre-test sebesar 41,32 dengan kategori kurang baik dan nilai post-test sebesar 77,11 dengan kategori sangat baik, sedangkan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran STAD memiliki nilai pre-test sebesar 24,87 dengan kategori kurang baik dan nilai post-test sebesar 63,55 dengan kategori baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar PJOK materi bahaya pergaulan bebas antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Flipped Classroom dan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran STAD, diperoleh nilai statistik F sebesar 36,473 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 ditolak; (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK materi bahaya pergaulan bebas peserta didik, diperoleh nilai statistik F sebesar 4,690 dengan taraf signifikansi 0,034 lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 ditolak; (3) Untuk peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar PJOK materi bahaya pergaulan bebas antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Flipped Classroom dan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran STAD pada peserta didik yang memiliki motivasi, diperoleh nilai statistik t sebesar 5,504 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 ditolak; dan (4) Untuk peserta didik dengan motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan hasil belajar PJOK materi bahaya pergaulan bebas antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Flipped Classroom dan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran STAD pada peserta didik yang memiliki motivasi, diperoleh nilai statistik t sebesar 2,905 dengan taraf signifikansi 0,006 lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, STAD, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Ni Luh Ayu Marlina Dewi
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:01
Last Modified: 21 Oct 2023 04:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17450

Actions (login required)

View Item View Item