Afifa, Nur (2023) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA DI SMAN 2 BANJAR TAHUN AJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021024-COVER.pdf Download (395kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021024-ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021024-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model Reciprocal Teaching dengan siswa yang belajar dengan model Direct Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment atau eksperimen semu dan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X MIPA SMA Negeri 2 Banjar yang terdiri dari 4 kelas dengan total populasi sebanyak 122 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu X MIPA 2 dan X MIPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa. Teknik pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random assignment atau pemilihan secara acak. Data hasil belajar fisika siswa dikumpulkan melalui tes. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan uji hipotesis ANAKOVA satu jalur secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas model Reciprocal Teaching dan model Direct Teaching masing-masing adalah 83,73 dan 64,17 dengan standar deviasi 2,69 dan 2,71. Simpulan penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar melalui model Reciprocal Teaching dengan siswa yang belajar melalui model Direct Teaching. Hasil belajar fisika siswa dengan model Reciprocal Teaching lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model Direct Teaching
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Reciprocal Teaching, model Direct Teaching, hasil belajar fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Nur Afifa |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 01:58 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 01:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17459 |
Actions (login required)
View Item |