PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA DI SMAN 2 BANJAR TAHUN AJARAN 2022-2023

Afifa, Nur (2023) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA DI SMAN 2 BANJAR TAHUN AJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021024-COVER.pdf

Download (395kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021024-ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021024-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model Reciprocal Teaching dengan siswa yang belajar dengan model Direct Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment atau eksperimen semu dan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X MIPA SMA Negeri 2 Banjar yang terdiri dari 4 kelas dengan total populasi sebanyak 122 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu X MIPA 2 dan X MIPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa. Teknik pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random assignment atau pemilihan secara acak. Data hasil belajar fisika siswa dikumpulkan melalui tes. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan uji hipotesis ANAKOVA satu jalur secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas model Reciprocal Teaching dan model Direct Teaching masing-masing adalah 83,73 dan 64,17 dengan standar deviasi 2,69 dan 2,71. Simpulan penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar melalui model Reciprocal Teaching dengan siswa yang belajar melalui model Direct Teaching. Hasil belajar fisika siswa dengan model Reciprocal Teaching lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model Direct Teaching

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model Reciprocal Teaching, model Direct Teaching, hasil belajar fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Nur Afifa
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:58
Last Modified: 12 Oct 2023 01:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17459

Actions (login required)

View Item View Item