PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MODUL FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 PADARINCANG

Pratiwi, Ika Ayu (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MODUL FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 PADARINCANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813021016-COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813021016-ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813021016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813021016-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan keeterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan Modul Fisika dan siswa yang belajar menggunakan model Direct Instruction berbantuan Modul Fisika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) menggunakan pretest−posttest non−equivalent control group design. Dalam penelitian ini populasi adalah sebanyak 3 kelas (102 siswa) siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Padarincang Tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian yang digunakan adalah 2 kelas (68 siswa) yang dipilih secara random, sehingga terpilih kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis secara signifikansi antara siswa yang belajar menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan Modul Fisika dan siswa yang belajar menggunakan model Direct Instruction berbantuan Modul Fisika (F* = 14,387 ; p < 0,05). Saran dari penelitian ini untuk mencapai keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran fisika di SMA, seharusnya terdapat fasilitas yang mendukung saat pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Modul Fisika contoohnya melakukan percobaan yang dilengkapi dengan LKS dan alat percobaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ika Ayu Pratiwi
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:00
Last Modified: 16 Oct 2023 02:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17527

Actions (login required)

View Item View Item