Pratiwi, Ika Ayu (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MODUL FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 PADARINCANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813021016-COVER.pdf Download (199kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813021016-ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813021016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813021016-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan keeterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan Modul Fisika dan siswa yang belajar menggunakan model Direct Instruction berbantuan Modul Fisika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) menggunakan pretest−posttest non−equivalent control group design. Dalam penelitian ini populasi adalah sebanyak 3 kelas (102 siswa) siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Padarincang Tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian yang digunakan adalah 2 kelas (68 siswa) yang dipilih secara random, sehingga terpilih kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis secara signifikansi antara siswa yang belajar menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan Modul Fisika dan siswa yang belajar menggunakan model Direct Instruction berbantuan Modul Fisika (F* = 14,387 ; p < 0,05). Saran dari penelitian ini untuk mencapai keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran fisika di SMA, seharusnya terdapat fasilitas yang mendukung saat pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Modul Fisika contoohnya melakukan percobaan yang dilengkapi dengan LKS dan alat percobaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ika Ayu Pratiwi |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 02:00 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 02:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17527 |
Actions (login required)
View Item |