Suryani, Ni Luh Eka Mega (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, dan Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Rendang. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129021013-COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129021013-ABSTRAK.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021013_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021013_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021013_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021013_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129021013_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129021013_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Suryani, Ni Luh Eka Mega (2023), pengaruh kecerdasan emosional, kemandirian belajar, dan prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Rendang. Tesis, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Gusti Lanang Agung Parwata, S.Pd., M. Kes. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M. Kes. Kata-kata kunci: kecerdasan emosional, kemandirian belajar, prokrastinasi akademik, prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dari kecerdasan emosional, kemandirian belajar, dan prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar fisika, pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar fisika melalui prokrastinasi akademik, serta pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fisika melalui kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan MIPA SMA Negeri 1 Rendang yang berjumlah 127 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling dengan menggunakan persamaan yang dikembangkan oleh Issac dan Michael sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 peserta didik serta proporsi sampel dari masing-masing kelas diperoleh menggunakan formulasi yang diadaptasi dari Usman dan Akbar. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian expost facto dengan analisis path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar peserta didik dengan signifikansi sebesar 0,000, 2) terdapat pengaruh negatif secara signifikan kecerdasan emosional terhadap prokrastinasi akademik peserta didik dengan signifikansi sebesar 0,000, 3) terdapat pengaruh negatif secara signifikan kemandirian belajar terhadap prokrastinasi akademik peserta didik signifikansi sebesar 0,006, 4) terdapat pengaruh positif secara langsung kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fisika peserta didik dengan signifikansi sebesar 0,009, 5) terdapat pengaruh positif secara langsung kemandirian belajar terhadap prestasi belajar fisika peserta didik dengan signifikansi sebesa 0,032, 6) terdapat pengaruh negatif secara langsung prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar fisika peserta didik dengan signifikansi sebesar 0,000, 7) terdapat pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fisika melalui prokrastinasi akademik sebesar 0,299, 8) terdapat pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fisika melalui kemandirian belajar sebesar 0,148, dan 9) terdapat pengaruh tidak langsung kemandirian belajar terhadap prestasi belajar fisika melalui prokrastinasi akademik sebesar 0,129.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, kemandirian belajar, prokrastinasi akademik, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Eka Mega Suryani |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 03:04 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 03:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17684 |
Actions (login required)
View Item |