PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERORIENTASI ISU SOSIOSAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI EFIKASI DIRI

Wirawan, I Kadek Alit (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERORIENTASI ISU SOSIOSAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI EFIKASI DIRI. Masters thesis, Universtas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2123071002-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2123071002-ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2123071002-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2123071002-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) perbedaan hasil belajar peserta didik; 2) perbedaan hasil belajar peserta didik ditinjau dari efikasi diri tinggi dan; 3) perbedaan hasil belajar peserta didik ditinjau dari efikasi diri rendah yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek berorientasi isu sosiosaintifik dengan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan matching pretest-posttets control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Abiansemal Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik matching kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan skala efikasi diri dan tes hasil belajar. Data dalam penelitian ini berupa skor hasil belajar peserta didik dan skor hasil belajar peserta didik ditinjau dari efikasi diri tinggi dan rendah peserta didik yang dianalisis menggunakan uji analisis kovarian (ANAKOVA) Dua Jalur dengan uji lanjut LSD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran berbasis proyek berorientasi isu sosiosaintifik dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 84,85 dalam kategori tinggi dan lebih tinggi daripada kelompok kontrol sebesar 72,02 dalam kategori tinggi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 2) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan efikasi diri tinggi yang mengikuti model pembelajaran berbasis proyek berorientasi isu sosiosaintifik dengan nilai rata-rata hasil belajar 91,76 dalam kategori sangat tinggi dan lebih tinggi daripada kelompok kontrol sebesar 81,95 dalam kategori tinggi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan; 3) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan efikasi diri rendah yang mengikuti model pembelajaran berbasis proyek berorientasi isu sosiosaintifik dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 79,41 dalam kategori tinggi dan lebih tinggi daripada kelompok kontrol sebesar 75,10 dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis proyek berorientasi isu sosiosaintifik, hasil belajar, efikasi diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Kadek Alit Wirawan
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:00
Last Modified: 25 Oct 2023 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17928

Actions (login required)

View Item View Item