PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA SMP NEGERI 7 SINGARAJA

Susi Ardiningsih, Ni Luh Putu (2023) PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA SMP NEGERI 7 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812011043-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812011043-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812011043-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media Lectora Inspire pada siswa kelas VIII; mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media Lectora Inspire pada siswa kelas VIII; mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan media Lectora Inspire dalam pembelajaran menulis teks persuasi di kelas VIII D SMP Negeri 7 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran yang tepat dalam penelitian ini ditekankan pada penegasan teknik-teknik penulisan yang kuat, kata-kata persuasif, dan bukti-bukti yang mendukung; Penggunaan media Lectora Inspire juga dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi. Pada pratindakan skor rata-rata klasikal 61,91 (kurang), siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal 70,2 (cukup), sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 82 (baik); siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penggunaan media Lectora Inspire dalam pembelajaran menulis teks persuasi, pada siklus I memperoleh rata-rata 23,3 (sangat positif) sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 23,5 (sangat positif). Diharapkan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Singaraja agar menerapkan pembelajaran ini sesuai langkah yang ditemukan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis teks persuasi, media lectora inspire
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Susi Ardiningsih
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:30
Last Modified: 26 Oct 2023 04:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18002

Actions (login required)

View Item View Item