Susi Ardiningsih, Ni Luh Putu (2023) PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA SMP NEGERI 7 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011043-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011043-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011043-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media Lectora Inspire pada siswa kelas VIII; mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media Lectora Inspire pada siswa kelas VIII; mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan media Lectora Inspire dalam pembelajaran menulis teks persuasi di kelas VIII D SMP Negeri 7 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran yang tepat dalam penelitian ini ditekankan pada penegasan teknik-teknik penulisan yang kuat, kata-kata persuasif, dan bukti-bukti yang mendukung; Penggunaan media Lectora Inspire juga dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi. Pada pratindakan skor rata-rata klasikal 61,91 (kurang), siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal 70,2 (cukup), sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 82 (baik); siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penggunaan media Lectora Inspire dalam pembelajaran menulis teks persuasi, pada siklus I memperoleh rata-rata 23,3 (sangat positif) sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 23,5 (sangat positif). Diharapkan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Singaraja agar menerapkan pembelajaran ini sesuai langkah yang ditemukan dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis teks persuasi, media lectora inspire |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Susi Ardiningsih |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:30 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 04:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18002 |
Actions (login required)
View Item |