Agustini, Kadek Dwi Wulan (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PROGRAM KEAHLIAN KELAS X AKL DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
18170110874-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1817011084-ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1817011084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1817011084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1817011084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1817011084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1817011084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817011084DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1817011084-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X AKL di SMK Negeri 1 Singaraja pada mata pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi pada penelitia ini adalah seluruh siswa kelas X AKL yang berjumlah 185 siswa. Sampel penelitian adalah kelas X A AKL yang berjumlah 37 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Maksud purposive sampling ini adalah teknik penentuan sampel dengan menetapkan cirri-ciri khusus sesuai tujuan penelitian, Data penelitian diperoleh menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata keaktifan belajar siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu sebelum tindakan sebesar 14,19 dan rata-rata pre-test sebesar 63,65, pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 19,73, pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 22,22 dan pada siklus III rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 23,84 dengan nilai rata-rata post-test sebesar 86,75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar program keahlian kelas X AKL di SMK Negeri 1 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kooperatif tipe STAD, Keaktifan Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Kadek Dwi Wulan Agustini |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:57 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 04:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18023 |
Actions (login required)
View Item |