PENGEMBANGAN MODUL IPA MODEL INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Sari, Ni Kadek Indah Puspa (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA MODEL INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071012-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071012-ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071012-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik, validitas, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA SMP dengan model inkuiri terbimbing berorientasi higher order thinking skills (HOTS) pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan paradigma pengembangan 4D yang meliputi tahapan mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan, hingga melakukan penelitian dan pengembangan (R&D). Kajian ini dilakukan secara eksklusif hingga tahap pengembangan. Langkah pengembangannya meliputi tiga uji produk, yaitu uji validasi ahli, uji kepraktisan guru, dan uji keterbacaan siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi, angket analisis kebutuhan guru, angket validitas, angket kepraktisan, dan angket keterbacaan. Uji validitas melibatkan dua orang ahli pendidikan sains, uji kepraktisan melibatkan lima orang instruktur IPA SMP, dan uji keterbacaan dilakukan terhadap sepuluh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kintamani. Data penelitian yang diperoleh dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori: data kuantitatif dan data kualitatif. Data penelitian dikenai analisis deskriptif. Pengembangan modul menghasilkan hasil uji validitas dengan skor 1,0 yang menunjukkan tingkat validitas sangat tinggi. Uji kepraktisan menghasilkan skor rata-rata 4,6 yang menunjukkan tingkat kepraktisan yang tinggi. Hasil uji keterbacaan menghasilkan skor rata-rata sebesar 4,6 yang menunjukkan tingkat keterbacaan yang tinggi. Temuan penelitian menegaskan validitas, kepraktisan, dan keterbacaan modul sains model inkuiri terbimbing yang berfokus pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Hasilnya, dapat dilanjutkan ke pengujian tingkat berikutnya, yaitu menilai efektivitasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul, inkuiri terbimbing, higher order thinking skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Kadek Indah Puspa Sari
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:38
Last Modified: 26 Oct 2023 06:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18083

Actions (login required)

View Item View Item