Julianti, Nofika (2023) IMPLEMENTASI TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1614031008-COVER.pdf Download (835kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1614031008-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1614031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (356kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1614031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1614031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1614031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1614031008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1614031008-LAMPIRAN.pdf Download (636kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis penerapan tes berbasis HOTS di SMA Negeri 7 Denpasar dalam pembelajaran geografi, (2) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi guru geografi di SMA Negeri 7 Denpasar dalam menerapkan tes berbasis HOTS dalam pembelajaran geografi, dan (3) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi siswa SMA Negeri 7 Denpasar dalam menyelesaikan tes berbasis HOTS pada pembelajaran geografi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan guru-guru geografi di SMA Negeri 7 Denpasar dan sampel siswa kelas X dalam penelitian ini berjumlah 94 siswa dan 1 orang guru mata pelajaran geografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian penerapan tes berbasis HOTS yang disusun oleh guru mata pelajaran geografi di SMA Negeri 7 Denpasar, yaitu menunjukkan didominasi oleh tes dengan kompetensi LOTS yaitu sebesar 44% dan sebagian besar hanya sebatas kompetensi C1 (Mengingat). Hanya sebagian kecil yang dapat dikategorikan berkompetensi HOTS (Menganalisis, Mengevaluasi, dan Mencipta) yaitu sebesar 24% dari total 50 butir soal. Selain itu, tes yang tergolong dalam Kompetensi HOTS hanya sebatas C4, yaitu menganalisis. HOTS untuk kompetensi C5 (Mengevalusai) dan C6 (Mencipta) sama sekali belum disusun oleh guru. Kendala-kendala guru dalam menerapkan tes berbasis HOTS tergolong pada kriteria ‘sebagian besar ada kendala’. Kendala-kendala siswa dalam menyelesaikan tes berbasis HOTS masuk pada kriteria ‘kurang ada kendala’. Hal ini disebabkan karena hanya sebagian kecil tes yang diberikan kepada mereka yang berbasis HOTS. Sebagain besar tes yang diterapkan masih terkategori HOTS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HOTS, Kendala-Kendala, Pembelajaran Geografi, Penerapan, Tes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Nofika Julianti |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:04 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18176 |
Actions (login required)
View Item |