Keliat, Vina Erwina Br (2023) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914031010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914031010-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914031010-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pemanfaatan media interaktif berbasis Articulate Storyline dalam pembelajaran geografi sebagai upaya meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa, (2) aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah media interaktif berbasis Articulate Storyline dimanfaatkan dalam pembelajaran geografi, (3) kemampuan berfikir kritis siswa sebelum dan sesudah media interaktif berbasis Articulate Storyline dimanfaatkan dalam pembelajaran geografi dan (4) pengaruh pemanfaatan media interaktif berbasis Articulate Storyline secara simultan terhadap aktivitas belajar dan kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran geografi pada kelas XI IIS SMA Negeri 1 Seririt. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) Non Equivalent Control Group Design menggunakan studi populasi/sensus pada dua kelas. Sampel dutentukan secara random setelah kedua kelas yang digunakan setara, penyetaraan sampel dilakukan dengan cara melihat homogenitas kelas berdasarkan nilai rata-rata dan karakteristik. Kedua kelas memiliki kesetaraan sehingga dilakukan randomisasi dan menetapkan kelas XI IIS 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelompok kontrol serta guru geografi pada kelas bersangkutan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan media interaktif berbasis Articulate Storyline dalam pembelajaran geografi memiliki rata-rata nilai 80 dengan kategori sebagian besar terlihat, (2) aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata sebesar 29,32% (sebelum 65,62 menjadi 84,86), (3) kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata sebesar 48% (sebelum 50 menjadi 74), (4) terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline secara simultan terhadap aktivitas belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran Geografi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja dengan nilai sig. (0,000 > 0,05). Berpijak kepada pemaparan tersebut membuktikan bahwa media interaktif berbasis Articulate Storyline berdampak signifikan terhadap peningkatakan aktivitas belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif berbasis Articulate Storyline, Aktivitas Belajar, Kemampuan Berfikir Kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Vina Erwina Br Keliat |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:36 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 02:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18184 |
Actions (login required)
View Item |