Ayatma Harsana, I Nyoman (2023) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHASA JEPANG KELAS XI BBU DI SMA SURYA WISATA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812061004-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812061004-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (252kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812061004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812061004-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHASA JEPANG KELAS XI BBU DI SMA SURYA WISATA TAHUN AJARAN 2023/2024 xiv Oleh I Nyoman Ayatma Harsana NIM 1812061004 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan pemahaman bahasa Jepang (2) mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan pembelajaran Discovery learning berbantuan media animasi untuk meningkatkan pemahaman Bahasa Jepang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI BBU yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi, dan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penguasaan siswa terhadap kosakata bahasa Jepang meningkat melalui penerapan metode Discovery Learning berbantuan media animasi. Berdasarkan hasil pre-test menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 47,4 dengan persentase ketuntasan 0%. Setelah pelaksanaan siklus I, rata-rata nilai yang diperoleh siswa meningkat menjadi 74,1 dengan persentase ketuntasan 52,4%. Kemudian setelah pelaksanaan siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 86,45 dengan persentase ketuntasan 100%. (2) Respons siswa terhadap penerapan Discovery Learning berbantuan media animasi pada siklus I tergolong positif dengan rata-rata 4,25. Sedangkan pada siklus II juga tergolong positif dengan skor rata-rata 4,3. Kata Kunci : Discovery learning,, Bahasa Jepang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning, Bahasa Jepang |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Ayatma Harsana |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 21:00 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 21:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18191 |
Actions (login required)
View Item |