PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Lestari, Luh Putu Ryan (2023) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071008-COVER.pdf

Download (684kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071008-ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1913071008-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071008-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) karakteristik, (2) validitas, (3) kepraktisan, (4) keterbacaan LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) dari Thiagarajan dan pada penelitian ini dibatasi sampai tahap develop (uji keterbacaan). Subjek dalam penelitian ini melibatkan 2 orang ahli dosen pendidikan IPA untuk uji validitas, 5 orang guru IPA untuk uji kepraktisan produk, dan 10 orang peserta didik kelas VIII di SMP N 1 dan SMP N 5 Bangli untuk uji keterbacaan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik LKPD IPA yaitu mengacu pada model inkuiri terbimbing, disajikan fenomena dalam kehidupan sehari-hari, dilengkapi dengan ilustrasi percobaan, petunjuk penggunaan, peta konsep, format penulisan laporan, dan dilengkapi ikon gambar dan desain yang menarik. (2) LKPD sangat valid dengan skor rata-rata 0,96. (3) LKPD sangat praktis dengan skor rata-rata 3,6. (4) LKPD sangat terbaca dengan skor rata-rata 4,6. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk LKPD IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dinyatakan valid, praktis, terbaca, dan dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu uji keefektifan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD, inkuiri terbimbing, tekanan zat
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Luh Putu Ryan Lestari
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:54
Last Modified: 27 Oct 2023 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18196

Actions (login required)

View Item View Item