PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN LITERASI SAINS UNTUK SISWA SMP

Raulina, Sinaga (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN LITERASI SAINS UNTUK SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071020-COVER.pdf

Download (413kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071020-ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071020- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071020- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071020-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, kepraktisan, dan keterbacaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) problem based learning (PBL) bermuatan literasi sains pada materi Bumi dan Tata Surya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas tahapan define, design, develop, dan disseminate yang dibatasi sampai pada tahap develop karena keterbatasan waktu. Subjek penelitian ini yaitu: 2 orang dosen ahli Pendidikan IPA sebagai validator untuk uji validitas, 2 orang guru IPA dan 10 orang peserta didik untuk uji kepraktisan, 23 orang peserta didik kelas VII.4 untuk uji keterbacaan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) LKPD PBL bermuatan literasi sains memiliki karakteristik menggunakan sintaks model PBL, memuat aspek-aspek literasi sains dan praktikum. 2) LKPD sangat valid berdasarkan hasil penilaian ahli Pendidikan IPA dengan nilai rata-rata sebesar 0,96. 3) LKPD sangat praktis dengan persentase praktisi guru sebesar 88,4% dan praktisi peserta didik sebesar 87%. 4) LKPD sangat terbaca berdasarkan hasil penilaian peserta didik dengan persentase sebesar 86,3%. LKPD valid, praktis, dan terbaca sehingga dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu uji keefektifan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Raulina Br Sinaga
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:21
Last Modified: 27 Oct 2023 06:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18218

Actions (login required)

View Item View Item