Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2022/2023

Ekayanti, I Gusti Ayu Putu Wintari (2023) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (ABSTRAK)
1911031118-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031118-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031118-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031118-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031118-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031118-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031118-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031118-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031118-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain the non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 123 orang yang terdiri dari 8 kelas yang terdapat pada 8 sekolah dasar negeri. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji ANAVA satu jalur setelah memberikan pretest, jika seluruh populasi dinyatakan setara, teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Selanjutnya diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas V SD No. 3 Mambal sebanyak 20 orang siswa dan kelas kontrol yaitu kelas V SD No. 2 Mambal sebanyak 15 orang siswa. Metode pengumpulan data dikumpulkan dengan menggunakan tes berbentuk uraian sebanyak 3 soal, kemudian data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inverensial dengan Uji-T Polled Varians. Hasil analisis hipotesis menunjukan bahwa thitung lebih dari ttabel (2,70 > 1,69) pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 20 + 15 – 2 = 33, jadi H0 ditolak dan H1 diterima, yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Kemampuan Literasi Numerasi siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan PMRI dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada kelas V Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2022/2023. Selain itu, dari hasil analisis gain score untuk kelas eksperimen = 0,529 dan kelas kontrol = 0,262. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berpengaruh terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2022/2023 sebesar 52,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Kemampuan Literasi Numerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Putu Wintari Ekayanti
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:11
Last Modified: 27 Oct 2023 07:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18230

Actions (login required)

View Item View Item