Hakim, Abdul (2024) Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Topik Wujud Zat dan Perubahannya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031322-COVER.pdf Download (629kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031322-ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031322-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031322-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031322-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031322-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031322-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031322-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (381kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031322-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA topik wujud zat dan perubahannya kelas IV sekolah dasar di SD/MI Miftahul Ulum Pegayaman. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan Model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang praktisi, 3 siswa uji perorangan, 9 siswa uji coba kelompok kecil, dan 25 siswa uji coba lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Media video pembelajaran dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik dari para ahli dengan persentase hasil validitas ahli materi diperoleh skor 90,5% kategori sangat baik, hasil validitas ahli media diperoleh skor 92,5% kategori sangat baik, hasil validitas praktisi diperoleh skor 96% kategori sangat baik, hasil validitas uji perorangan diperoleh skor 96,7% kategori sangat baik, hasil uji kelompok kecil diperoleh skor 95,6% kategori sangat baik. Sedangkan uji coba lapangan untuk mengetahui efektivitas media video pembelajaran mendapatkan rata-rata nilai hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan yaitu 67 sedangkan rata-rata nilai 92 setelah diberikan perlakuan dan mendapatkan nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,005 jadi, H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil validitas, respon pengguna dan efektivitas media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA topik wujud zat dan perubahannya kelas IV SD sudah layak untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Pelajaran IPA, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan1, Video Pembelajaran2, Pelajaran IPA3, Sekolah Dasar4. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Abdul Aziz Lutfil Hakim |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 06:49 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 06:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18484 |
Actions (login required)
View Item |