PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SERIRIT

wati, Isma (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013021001-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013021001-ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (764kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013021001-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET dengan model DI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Seririt sebanyak 151. Sampel penelitian menggunakan teknik simple randomize dan 2 kelas sampel penelitian dengan total sampel 76. Data kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan instrumen berbentuk tes esai dengan reliabilitas sebesar 0,701 dan konsistensi internal tes bergerak pada 0,31-0,71. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kovarian dan uji lanjut LSD dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kelompok dengan model inkuiri terbimbing berbantuan PhET memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 76,00 (SD = 7,10), sedangkan kelompok dengan model DI sebesar 49,01 (SD = 13,4). Hasil uji ANAKOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model inkuri terbimbing berbantuan PhET dengan peserta didik yang belajar menggunakan model DI dengan nilai Fhitung sebesar 71,796 dan signifikansi sebesar 0,001. (2) Hasil uji LSD diperoleh bahwa ∆μ* = 26,768 lebih besar dari nilai LSD hitung yang besarnya 7,91, sehingga model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran DI. Simpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan model inkuri terbimbing-PhET dengan peserta didik yang belajar menggunakan model DI dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, PhET, direct instruction, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ismawati
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:30
Last Modified: 12 Feb 2024 07:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18542

Actions (login required)

View Item View Item