Pratiwi, Dewa Ayu Diana (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PEJENG KANGIN, TAMPAKSIRING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031101-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031101-ABSTRAK.pdf Download (508kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (474kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031101-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031101-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031101-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun Video Animasi Berbasis Discovery Learning Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Pejeng Kangin, Tampaksiring. (2) mengetahui kualitas Video Animasi Berbasis Discovery Learning Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Pejeng Kangin, Tampaksiring, ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. (3) mengetahui efektivitas Video Animasi Berbasis Discovery Learning Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Pejeng Kangin, Tampaksiring. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes objektif pilihan ganda. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media Video Animasi dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% yang berada pada kualifikasi (Sangat Baik). (2) Kualitas Video Animasi menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 93,33% (Sangat Baik), uji ahli desain instrusional sebesar 90,62% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 90% (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 92,5% (Sangat Baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,66% (Sangat Baik). (3) Efektivitas Video Animasi berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 26,790 untuk db = 15 dan taraf signifikan 5% = 2,131. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Video Animasi Berbasis Discovery Learning efektif digunakan pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Mata Pelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Pejeng Kangin, Tampaksiring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Video Animasi, Discovery Learning, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dewa Ayu Diana Pratiwi |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 01:19 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 01:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18552 |
Actions (login required)
View Item |