Sudiantara, I Gede Agus and Widiana, I Wayan and Suarjana, I Made (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS AUDIOVISUAL ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031116-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031116-ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031116-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031116-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031116-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031116-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031116-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031116-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031116-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik di SD, serta pemanfaatan media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan prototype media interaktif berbasis audiovisual articulate storyline 3, (2) menganalisis validitas isi media interaktif berbasis audiovisual articulate storyline 3, (3) menganalisis respon siswa terhadap media interaktif berbasis audiovisual articulate storyline 3, dan (4) menganalisis efektivitas media interaktif berbasis audiovisual articulate storyline 3 terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek media interaktif berbasis audiovisual articulate storyline 3, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, isi materi, respon pengguna, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, lembar dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media interaktif berbasis audiovisual articulate storyline 3 yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,8937 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (2) materi pada isi media interaktif berbasis audiovisual articulate storyline 3 yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,95 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (3) tingkat pencapaian respon siswa terhadap media interaktif berbasis audiovisual articulate storyline 3 adalah sebesar 98,73% dengan kualifikasi sangat baik, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media interaktif berbasis audiovisual articulate storyline 3 efektif guna meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media, Media interaktif audiovisual articulate storyline 3, Keterampilan berbicara |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PZ Childrens literature T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I GEDE AGUS SUDIANTARA |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 04:46 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 04:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18605 |
Actions (login required)
View Item |