Yutami, Ni Wayan Nindya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031013-COVER.pdf Download (376kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031013-ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031013- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031013-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Inggris siswa dan kurang optimalnya pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media pembelajaran, praktisi, dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas IV sekolah dasar. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, lembar dan angket/kuisioner. Uji coba produk melibatkan siswa kelas IV SDN 4 Kaliuntu yang berjumlah 34 siswa. Data dari hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji t dengan sampel berkolerasi untuk mengetahui efektivitas produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Mobile Assisted Language Learning (MALL) berbasis masalah kontekstual yang dikembangkan bersifat valid ditinjau dari hasil penilaian ahli, praktis ditinjau dari hasil penilaian praktisi dan efektif ditinjau dari hasil uji coba terhadap siswa. Media Mobile Assisted Language Learning (MALL) berbasis masalah kontekstual yang valid, praktis dan efektif diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan1, Media2, Mobile Assisted Language Learning (MALL)3, masalah kontekstual4, keterampilan berbicara bahasa Inggris5. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Nindya Yutami |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 06:35 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 06:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18608 |
Actions (login required)
View Item |